Gunakan Jasa Service Pintu Kayu untuk Pintu Rumah yang Bermasalah

Pintu dengan bahan kayu biasanya bisa mengembang atau menyusut. Jangan khawatir, Anda bisa memperbaiki pintu dengan beberapa cara. Secara umum, semua pintu di sebuah rumah dapat mengembang dan menyusut karena terpapar suhu ekstrem.

Pemuaian pada pintu kayu dapat terjadi karena pengeringan material yang tidak tepat atau karena kondisi cuaca. Seperti pada musim penghujan, pintu kayu dapat mengembang dan menyusut karena kandungan air di dalamnya meningkat. Sebagai aturan, kandungan air yang dapat diserap dalam kayu kering adalah sekitar 12%. Pada saat di musim panas, daun pintu kayu  menyusut. Sebelum memanggil layanan jasa service pintu kayu, Anda disarankan untuk mencoba memperbaikinya sendiri.

Berikut cara memperbaiki pintu yang memuai atau menyusut.

1. Pilih Kayu yang Bagus

Masalah pintu memuai terkait dengan pemilihan kayu yang tepat. Pilih kayu yang solid untuk pintu rumah Anda. Hal ini dikarenakan kayu solid cenderung lebih kuat, tahan cuaca, awet, dan tidak berpori dibandingkan jenis lainnya. Jenis kayu yang baik seperti jati, mahoni, cendana, meranti, merbau dan kayu ulin.

2. Panaskan Daun Pintu

Cara mengatasi pemuaian pintu rumah bisa dilakukan, termasuk dengan menjemur daun pintu. Keringkan daun pintu di bawah sinar matahari. Caranya adalah dengan melepas pintu kayu dari kusen lalu menjemurnya. Pastikan semua permukaan pintu kayu terkena panas matahari secara merata, jika benar-benar kering dapat membantu mengurangi kadar air yang berlebihan. Kemudian pasang kembali pintu ke kusen rumah.

3. Pastikan Kayu Sudah Kering

Kondisi cuaca ekstrim dapat mengubah ukuran kayu, terutama jika kayu belum dikeringkan dan dipasang dengan benar. Kayu kering memiliki beberapa karakteristik struktur yang keras. Juga, jangan pernah membeli pintu yang terbuat dari kayu yangmasih atau muda, karena dapat dengan mudah berubah ukurannya. Tanyakan juga apakah daun pintu terkena panas matahari atau panas oven.

4. Mengecat Pintu Kayu

Setelah memastikan Anda telah memilih daun pintu yang dikeringkan dengan baik, saatnya untuk melapisi bagian atas dan bawah dengan cat minyak. Pengecatan ini berfungsi untuk mencegah kayu menyerap air dari bagian bawah yang masuk ke dalam pori-pori. Namun jika masalah tersebut sudah mempengaruhi pintu Anda, salah satu langkah untuk memperbaiki pintu yang memuai atau menyusut adalah dengan menggantinya dengan yang baru.

5. Menyerut Daun Pintu

Langkah selanjutnya dalam menangani daun pintu yang memuai adalah menyerut sisi yang tampak macet. Caranya adalah dengan melepas pintu rumah terlebih dahulu dari kusennya. Selanjutnya, serut daun pintu sekitar 1mm-2mm. Pasang kembali jika pas di kusen dengan pintu rumah Anda dan jika menutup dengan benar. Jika tidak pas, ulangi proses penyerutan sampai pintu terbuka dan tertutup denagn baik. Disarankan untuk menyerut bagian pintu kayu yang tersembunyi agar tidak terlalu terlihat.

6. Beri Jarak saat Pemasangan Pintu

Terakhir, masalah pintu rumah yang sulit ditutup bisa diatasi dengan memasangnya pertama kali. Saat pintu rumah pertama kali dipasang, harus ada celah antara pintu dan kusen. Tentunya dengan jarak yang cukup. Fungsi dari jarak ini adalah dapat menjadi tempat pintu kayu ketika memuai pada saat musim hujan. Dengan demikian, menutup pintu rumah bukanlah hal yang sulit.

Itulah beberapa tips untuk memperbaiki pintu kayu yang memuai atau menyusut. Bagi anda yang masih awam dengan perbaikan pintu kayu, Anda bisa menghubungi layanan jasa service pintu kayu di Sejasa.com, sebuah platform yang menyediakan berbagai keperluan untuk rumah Anda.